Jumat, 14 Agustus 2009

Cara Membuat Miniatur Bis(dari stereofoam/gabus)


Stereofoam atau Gabus,Masyarakat Indonesia menyebutnya.bisa dibuat berbagai macam hiasan.biasanya dibuat untuk Ucapan Selamat Baik dalam acara Pengantin maupun Duka Cita.Dihiasi berbagai macam bunga,akan sangai Indah.disini Saya sedikit akan Berbagi pengalaman tentang membuat MINIATUR BIS dari Stereofoam.
# Bahan-bahan:
1 Stereofoam dengan ketebalan 1cm
2 Lem kertas & lem Khusus buat Gabus
3 Kertas kado(buat Dasaran Lantai)
4 Plastik Mika
5 Kabel Kawat 1.5mm(buat setirnya)
6 Tusuk Gigi(buat engsel pintu)
7 Cat Air
8 Double Tape/Isolasi Bolak-balik(buat memasang kaca)
# Alat-alat
1 Cutter
2 Pemotomg Gabus
3 Penggaris
4 Pensil/Potlot/Spidol kecil

Pertama-tama(bagi Pemula,Seperti Saya)sebaiknya Gambar dulu seketsa diatas kertas HVS.Untuk Ukuran terserah anda.yang sedang saya buat,Panjang 50cm,Tinggi 15cm dan Lebar 13cm.potong Bagian sisi Kanan danKiri(P:50 T:15 L:13cm).Potong Bagian Buat Lantai(L:11cm) Dan untuk atap(L;13cm P:49cm).Kenapa cuma 49cm?Biar Bodi bis tidak kelihatan kotak.
Lem bagian kiri kanan lantai,tempelkan memakai Lem Khusus gabus dengan sisi kanan dan kiri bagian Bodi yang sebelumnya telah diiris dengan Cutter untuk tempat kacanya.pasang lantai dengan Kertas kado,potong sesuai lantainya,dilekatkan dengan lem kertas saja.
Sebelumnya Buat Jog/kursi,dengan memotong gabus membentuk seperti jog mobil.dicat dulu sebelum ditempelkan dengan lantai.Sesudah bagian dalam selesai.Pasang bagian Atap dengan dilem khusus tadi.Baru Memotong Bagian kaca dengan plastik mika.Ditempelkan dengan isolasi double tape.Sebenarnya memakai lem khusus Gabus juga bisa,tapi akan lebih keliatan rapi dengan isolasi dan gampang melepaskan apabila Mika terlalu besar atau kekecilan.
"SELAMAT MENCOBA"

Nb: Mohon Maaf apabila dalam Menulis kurang jelas/sulit dipahami.Maklum Penulis bukan TENTOR yang mahir dalam menerengkan sesuatu.Untuk lebih detailnya kalau pengin tau secara langsung datang ketempat Saya
Terima kasih atas perhatiannya Ngadirejo 140809

5 komentar:

  1. terima pesenan gag?? heheheh
    inio bos-nya "nusantara" ya...

    BalasHapus
  2. areeph 2 Olivia
    Bisa-bisa....Gag Mahal kok ama temen
    Cincailahhh...Owe pasti seneng Haiyaa...

    BalasHapus
  3. woooo....berapaan koh?? kasih murah lah..sama ai ini...

    BalasHapus
  4. bisa mesan gag.!
    bus Safa Marwa jambi

    BalasHapus
  5. Ini masih buat miniatur ga ya om ? Saya mau order nih kl ada yg sama persis kayak bis aslinya dan bisa pake remote control bs buka bagasi jg lampu dan sein full interior brp ?

    BalasHapus